Ragam Pilihan Jasa Pengiriman Barang USA – Dengan adanya jasa pengiriman barang, banyak pihak yang mendapatkan keuntungan dari jasa tersebut. Selain para pengusaha, kita juga akan mendapatkan keuntungan dari jasa pengirim barang. Sebagai masyarakat modern, berbelanja kini dilakukan secara online. Barang-barang yang dibeli tidak hanya berasal dari dalam negeri melainkan juga berasal dari luar negeri. Barang asal luar negeri dipercaya memiliki kualitas yang baik. Banyak pihak yang merasa lebih percaya diri akibat menggunakan barang-barang asal luar negeri. USA menjadi negara yang produknya dilirik oleh masyarakat dunia. Pada saat kita membeli barang asal USA, secara tidak langsung kita akan bersangkutan dengan penyedia jasa pengiriman barang.

Serupa dengan di Indonesia, USA juga memiliki jasa ekspedisi dalam jumlah banyak. Setiap penyedia jasa memiliki kelebihannya sendiri dan dapat digunakan oleh pengguna jasa. Nippon Express merupakan salah satu penyedia jasa ekspedisi asal Jepang yang telah melakukan layanan antar paket di USA. Tidak hanya USA, Nippon Express juga telah melayani pengguna asal Asia, Eropa dan Afrika. Sejak berdiri tahun 1937, perusahaan ini secara khusus hanya melayani barang kontruksi, instalasi dan barang-barang berat lainnya. Nippon Express telah memiliki karyawan hingga 33.153 orang dan banyak digunakan oleh masyarakat dunia akibat tawaran layanan yang diberikan.

CH Robinson menjadi perusahaan asal Amerika yang telah lama menawarkan layanan kepada masyarakat dunia. Perusahaan ini melayani layanan 3PL atau Third Party Logistic dan telah melakukan kerjasama dengan 66.000 jasa transportasi. Selain angkutan laut dan udara, perusahaan juga bekerjasama dengan pengangkut kendaraan bermotor. CH Robinson telah melakukan layanan sejak tahun 1905. Di bawah ini merupakan jasa ekspedisi lainnya di USA yang dapat kita gunakan:

a. Ceva
Berdiri sejak tahun 1986, Ceva telah melayani pengguna pada sektor automobile, kesehatan, ritel, energi dan teknologi. Perusahaan ini tersebar di beberapa negara dunia dan telah banyak memberikan kepuasan kepada masyarakat. Tahun 2017 lalu, Ceva berhasil mendapatan keuntungan hingga 7 milyar USD.

Panalpina

b. Panalpina
Perusahaan yang ada sejak tahun 1935 ini menawarkan layanan pada industri inti. Industri tersebut terdiri dari telekomunikasi, baju, bahan kimia, ritel, baju dan manufaktur. Di 70 negera berbeda, Panalpina telah mendirikan kantor sebanyak 500 kantor.

FedEx

c. FedEx
Melalui sistem pelacakan yang dimilikinya, FedEx berhasil menarik minat banyak pengguna. Melalui sistem ini, lokasi barang dapat kita ketahui dengan mudah. Sistem real time ini digunakan sebagai pelacakan paket. Selain pengiriman barang, FedEx juga menawarkan layanan pengiriman kilat, post delivery dan 3PL. Sepanjang tahun 2017, perusahaan yang berlokasi di USA ini berhasil mendapatkan pendapatan sebanyak 60 milyar USD.

UPS

d. UPS
Amerika juga memiliki perusahaan penyedia jasa pengiriman barang lainnya yang bernama UPS. Perusahaan yang telah berdiri pada tahun 1907 ini menawarkan layanan kontrak logistik, pengangkutan, broker pabean dan konsultasi. Dengan keterlibatan eBay dan Amazon, UPS berhasil meraup keuntungan hingga 61 milyar USD.

DHL

e. DHL
Layanan pengiriman barang, asuransi, industri, bea cukai dan solusi supply chain ditawarkan oleh DHL. Perusahaan asal Jerman ini telah beroperasi di USA, Eropa dan Asia Pasifik. Pendapatan hingga 57 milyar euro diperoleh perusahaan pada tahun 2016 lalu. Ada sekitar 325.000 orang yang bekerja di DHL.

Baca juga : Shipgooder Pengiriman Barang Di USA Jadi Lebih Cepat Dan Murah

Akibat banyaknya jasa pengirim barang yang ada di USA, merasa bingung menentukan jasa yang tepat merupakan hal yang wajar. Semua penyedia jasa berlomba-lomba memberikan pelayanan maksimalnya hingga dapat dipilih oleh pengguna jasa. Rasa bimbang dan bingung sebenarnya tidak akan dialami apabila kita memperhatikan dengan baik akan penyedia jasa ekspedisi. Memilih jasa yang jangkauan pengiriman barang yang luas merupakan salah satu pertimbangan kita ketika memilih jasa. Cakupan luas pengirim barang memudahkan paket yang dikirimkan untuk sampai di lokasi tujuan. Jika jasa ekspedisi tidak memiliki cakupan yang luas, barang yang dikirim membutuhkan waktu yang lama untuk sampai pada lokasi tujuan.

Memilih jasa juga perlu memperhatikan akan biaya pengiriman yang ditawarkan. Biaya pengiriman biasanya dijelaskan penyedia jasa pada sebuah website. Pada website tersebut tertera biaya pengiriman barang dengan tujuan negara tertentu. Pada umumnya, besar biaya kirim bergantung pada bobot barang dan jarak yang ditempuh. Semakin jauh lokasi pengiriman barang, semakin besar biaya pengiriman yang akan kita tanggung. Serupa dengan jarak, biaya pengiriman akan semakin tinggi apabila bobor barang cukup berat.

Mencari tahu akan kecepatan pengiriman juga perlu dilakukan guna mengetahui waktu tepat dimana barang sampai pada lokasi tujuan. Jasa yang dapat mengirim barang tepat waktu, ia akan memperoleh kepuasan dari pengguna. Pengguna tentunya akan terus menggunakan jasa tersebut jika selalu diberikan pelayanan yang baik. Barang yang dikirim dari USA membutuhkan waktu yang tidak singkat. Dibutuhkan waktu selama 4 hingga 10 har agar barang yang dipesan dapat sampa ke tanah air. Barang dapat dikirimkan melalui jalur laut dan udara. Jalur laut sering digunakan pada pengiriman barang dengan bobot besar. Pengiriman 1 kontainer barang paling baik dilakukan melalui jalur laut. Untuk barang dengan bobot ringan, jalur udara menjadi pilihan yang terbaik.

Barang-barang yang dipesan dan dikirim dari USA rentan hilang dan rusak. Guna menutupi kerugian, ada baiknya bagi kita untuk memilih jasa yang memberikan jaminan keamanan kepada para pengguna jasa. Melalui jaminan tersebut, penyedia jasa akan bertanggung jawab jika terjadi kerusakan pada barang yang akan dikirimkan. Tanggung jawab tersebut dapat berupa pergantian barang atau pergantian biaya kerusakan barang. Apabila kita tidak ingin mengalami hal-hal yang merugikan, barang yang dibeli di USA sebaiknya bukan barang yang mudah rusak atau barang pecah belah.

Agar barang yang dibeli dan dikirimkan oleh jasa pengirim barang USA dapat cepat sampai, pastikan jika alamat yang dicantumkan pada paket tertulis dengan jelas. Tidak hanya nama jalan, desa, kelurahan dan kecamatan saja, kita juga harus menulisan kode pos dimana kita tinggal. Nomor telepon juga perlu ditulis dengan lengkap. Nomor yang dicantumkan pada paket sebaiknya masih aktif dan dapat dihubungi. Pengirim barang nantinya akan menggunakan nomor telepon apabila merasa kesulitan menemukan lokasi tujuan penerima barang.

Shipgooder – Barang yang nantinya akan dikirim melalui jasa pengirim barang ada yang membutuhkan dokumen perijinan. Tidak semua barang yang harus dilengkapi dengan dokumen tersebut. Hanya barang yang berupa obat-obatan, furniture, kendaraan bermotor hingga jenis makanan tertentu. Tanpa kelengkapan dokumen, barang yang kita pesan sulit untuk dikirimkan. Apalagi jika barang harus melalui bea cukai, kelengkapan surat-surat harus dilakukan. Jika tidak, barang pesanan dapat saja disita oleh pihak bea cukai. Disitanya barang pesanan menyebabkan proses pengiriman barang terhambat. Pada akhirnya, kita tidak dapat menggunakan barang yang dipesan sesuai dengan rencana.