Jasa Ekspedisi USA ke Indonesia – Perdagangan lintas antar negara bukan lagi menjadi hal yang baru. Dengan berkembangnya penjualan online saat ini, perdagangan antar negara banyak dilakukan oleh berbagai pihak. Hal tersebut tentunya tidak akan terjadi tanpa adanya jasa ekspedisi atau pengiriman barang. Melalui jasa inilah, pembelian barang asal luar negeri dapat dilakukan dengan mudah. Amerika Serikat atau USA menjadi salah satu negara yang menyediakan jasa layanan pengiriman barang. Ada banyak jasa ekspedisi di USA yang melayani jasa pengiriman barang ke Indonesia.

DHL menjadi jasa ekspedisi USA yang melayani pengiriman barang ke tanah air. DHL sendiri adalah anak perusahaan Deutcshe Post DHL asal Jerman. Tidak hanya melayani layanan individu, DHL juga memberikan layanan bisnis dengan solusi yang beragam. Selain pengiriman, layanan yang diberikan DHL lainnya terdiri dari industri, solusi supply chain, penyimpanan, asuransi dan bea cukai. Hingga kini, DHL memiliki armada sebanyak 325.000 personil yang beroperasi di USA, Eropa dan Asia Pasifik. Pendapatan DHL pada tahun 2016 mencapai 57 milyar euro.

Perusahaan logistik yang berasal dari Amerika lainnya adalah UPS. Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1907 ini melayani jasa pengiriman, broker pabean, pengangkutan barang, kontrak logistik dan konsultasi. Tahun 2017, UPS berhasil mendapatkan keuntungan hingga 61 milyar USD akibat mendapatkan pengaruh dari eBay dan Amazon. Jasa ekspedisi ini dapat melayani pengiriman barang yang berasal dari Amerika ke Indonesia.

FedEx atau Federal Express yang bermarkas di Memphis, Amerika Serikat ini telah melayani pengiriman barang sejak tahun 1971. Yang membuat FedEx menjadi terkenal adalah sistem pelacakan real time yang dimilikinya. Pengiriman sehari semalam yang ditawarkan oleh jasa pengiriman ini juga menjadi daya tarik yang dimiliki oleh FedEx. Hingga kini, FedEx memiliki 325.000 karyawan yang tersebar di seluruh dunia. Perusahaan besar ini menawarkan layanan pengiriman barang, pengiriman kilat dan post delivery. Selama melayani pengiriman barang ke luar negeri, jasa ekspedisi ini berhasil mendatkan keuntungan hingga 60 milyar USD.

DB Schenker yang merupakan perusahaan asal Jerman menawarkan jasa pengiriman barang kepada pengguna jasa. Berbeda dengan jasa pengirim barang lainnya, DB Schenker menawarkan layanan kepada industri seperti digantara, kelautan, minyak dan gas. Perusahaan ini telah memberikan layanan di berbagai negara yang berbeda. Dalam memberikan pelayanannya, perusahaan ini memiliki personil sebanyak 95.700. Untuk mengetahui lebih jelas akan jasa pengiriman barang di USA, simak penjelasannya di bawah ini:

Nippon Express

1. Nippon Express
Perusahaan yang pusatnya berada di Jepang ini telah memperkerjaan pekerja sebanyak 33.153 karyawan. Mereka tersebar di beberapa negara dan melayani jasa pengangkutan barang berat, konstruksi dan instalasi.

CH Robison

2. CH Robison
Perusahaan yang berada di Amerika ini telah berdiri sejak tahun 1905. Guna memberikan kepuasan kepada pengguna jasa, CH Robison telah melakukan kerjasama dengan jasa transportasi yang berada di seluruh dunia. Tidak hanya kendaraan bermotor, jasa pengirim barang ini juga melakukan kerjasama dengan kereta api, angkutan laut dan angkutan udara.

Ceva

3. Ceva
USA memiliki banyak jasa ekspedisi. Ceva menjadi salah satu penyedia jasa yang telah berdiri pada tahun 1946 lalu. Perusahaan yang berhasil mendapatkan keuntungan hingga 7 milyar USD ini melayani sektor automobile, ritel, kesehatan, energi dan teknologi. Tidak hanya di USA, Ceva telah tersebar di 950 lokasi yang berbeda.

Baca juga : Ragam Pilihan Jasa Pengiriman Barang USA

Sebagai konsumen yang ingin membeli barang dari USA, kita tentunya harus bijak dalam memilih jasa pengiriman barang. Hal ini terjadi lantaran USA menawarkan jasa ekspedisi yang cukup banyak. Pertama-tama, kita perlu memperhatikan akan jenis barang yang akan kita kirimkan. Perhatikan ukuran barang dan jenis barang yang akan dikirimkan. Apakah barang tersebut merupakan barang pecah belah, pakaian atau barang eletronik. Ada baiknya untuk melihat bahwa barang yang akan dikirim merupakan barang yang aman untuk dikirimkan. Perlu diingat, ada jenis barang yang membutuhkan dokumen resmi pada saat proses pengiriman.

Memperhatikan berat barang dan ukuran barang menjadi pertimbangan kita pada saat memilih jasa pengiriman barang dari USA. Pada saat kita memperhatikan hal ini, kita kelak akan dimudahkan dalam memilih jasa yang tepat, Berat barang, dimensi dan volume merupakan bahan pertimbangan yang tepat untuk diperhatikan pada saat ingin menentukan jasa ekspedisi yang tepat. Selain hal tersebut, berikut pertimbangan lainnya yang perlu diperhatikan ketika memilih jasa pengiriman barang di USA:

a. Memperhatikan layanan pengiriman
Pada saat kita berminat untuk mengirimkan barang dalam jumlah yang besar, layanan pengiriman yang paling tepat adalah pengiriman laut. Apalagi jika barang yang dikirim berjumlah 1 kontainer, pengiriman melalui laut menjadi jenis jasa yang paling tepat. Pengiriman melalui laut juga tepat dipilih ketika kita akan mengirim barang yang berat dan barang dalam bentuk cairan.
Apabila barang yang akan dikirim memiliki ukuran yang kecil dan ringan, pengiriman barang melalui udara menjadi pilihan yang paling baik. Penyedia jasa biasanya menggunakan maskapai berpenumpang atau pesawat khusus pengiriman paket.

b. Mengecek keberadaan layanan bea cukai
Sebelum kita menggunakan jasa ekspedisi USA, tidak ada salahnya untuk mengecek keberadaan layanan bea cukai. Dengan informasi ini, kita dapat mengetahui apakah barang yang dikirim perlu melewati bea cukai atau tidak. Apabila perlu melalui bea cukai, kelak kita dapat mengetahui jenis dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan sehingga barang yang kita beli dari USA dapat sampai ke tanah air dengan selamat.

c. Mengecek besar biaya yang perlu dikeluarkan
Sudah menjadi hal lumrah bagi pengguna jasa pengirim barang untuk mengetahui jumlah biaya yang harus mereka keluarkan. Sebagai pengguna jasa, kita tentunya berkewajiban untuk membayarkan biaya jasa. Hal inilah yang membuat kita perlu mengetahui biaya layanan jasa. Berbeda dengan pengiriman regional, ekspedisi barang dari luar negeri dihargai dengan harga yang jauh lebih mahal.

Shipgooder – Dengan jarak antara USA dan Indonesia yang jauh, barang yang dikirim terkadang tidak dapat sampai tepat watku. Hal tersebut terjadi akibat alamat yang dituju tidak memiliki alamat yang lengkap. Agar paket dapat sampai sesuai dengan rencana, kita harus menuliskan alamat dengan lengkap. Pencantuman kode pos perlu ditulis sehingga paket dapat datang dengan baik. Selain alamat, kita juga perlu menuliskan nomor telepon yang dapat dihubungi. Berikan pula deskripsi akan barang yang kita beli dari USA.

Dengan banyaknya jasa pengirim barang yang ada di USA, sebagai konsumen kita harus menjadi konsumen yang bijak. Tidak hanya memilih jasa yang tepat. kita juga perlu untuk mengisi data diri dengan lengkap. Tujuannya adalah agar barang yang akan kita kirimkan dari luar negeri dapat sampai dengan selamat ke Indonesia. Semoga dengan penjelasan ini, kita dapat lebih baik dalam menggunakan jasa ekspedisi.