Pajak Bea Cukai Pengiriman Barang Ke Amerika dan Cara Pembayarannya – Pengiriman barang dari satu negara ke negara lain menjadi salah satu hal yang sudah lazim dilakukan saat ini. Pengiriman barang ini biasanya dilakukan oleh berbagai perusahaan besar yang bergerak dalam bidang ekspor impor saat ini. Perusahaan tersebut biasanya mengirimkan barang ke berbagai negara salah satu ke Amerika Serikat.

Mengenal Pajak Bea Cukai Pengiriman Barang Ke Amerika dan Negara Lain

Shipgooder – Tidak sama dengan pengiriman barang ke antar kota, pengiriman barang ke luar negeri memerlukan prosedur yang sedikit agak rumit dan ketat. Hal ini karena sudah tercantum dalam perundang-undangan pengiriman barang ke luar negeri. Salah satunya Anda harus membayar pajak bea cukai pada setiap pengiriman barang yang Anda lakukan. Bea Cukai merupakan sebuah pajak yang harus dibayarkan ketika ada pengiriman barang antar negara termasuk ke negara Amerika Serikat. Barang yang dikirim ke Amerika Serikat baik menggunakan jalur udara maupun laut biasanya akan melewati pemeriksaan petugas bea cukai terlebih dahulu sebelum barang tersebut sampai ke tujuan negara pengiriman. Untuk berapa jumlah pajak bea cukai yang harus dibayarkan, tergantung dari peraturan dan kebijakan pada masing-masing negara. Tentu saja setiap negara mempunyai kebijakan dan peraturan mengenai pajak bea cukai dan dokumen-dokumen sebagai syarat pengiriman barang tersebut.

Pembayaran biaya pajak ini dibayarkan apabila barang sudah sampai ke negara tujuan. Jadi kewajiban membayar pajak bea cukai ini dibebankan pada penerima paket barang. Jika Anda bergerak dalam bidang jual beli online international, maka pihal konsumen harus siap membayarkan pajak bea cukai ini. Akan tetapi jika Anda melakukan pengiriman barang ke luar negeri di luar kepentingan jual beli barang, maka Anda harus memahami terlebih dahulu bagaimana peraturan pengirimannya tersebut karena jelas sangat berbeda. Anda bisa menyampaikan kepada penerima berapa jumlah nilai barang supaya tidak dikenakan pajak. Setelah itu, barulah Anda bisa mengirimkan barang di bawah limit pajak sehingga penerima tidak perlu terbebani membayar pajang bea cukai.

Pajak Bea Cukai Pengiriman Barang Ke Amerika dan Cara Pembayarannya

Pembayaran Bea Cukai Pengiriman Barang Ke Amerika Serikat dan Negara Lainnya

Setelah mengetahui secara jelas mengenai pajak bea cukai pengiriman barang ke Amerika dan negara lainnya, sekarang waktunya Anda mengetahu berapa sih perkiraan pajak yang harus dibayarkan dan bagaiamana cara membayarakan pajak tersebut. Berikut ini adalahpenjelasannya secara detail. Pada saat ini ada banyak ekpedisi pengiriman barang yang melayani pengiriman barang ke Amerika dan negara lain. Kita ambil salah satu contohnya saja pengiriman barang melalui Kantor Pos dan menggunakan selain pos. Keduanya mempunyai prosedur yang berbeda-beda.

Untuk pengiriman barang menggunakan kantor pos, setelah barang tersebut masuk pada pemeriksaan di kantor bea cukai, maka akan langsung diterbitkan surat tagihan pajan bea cukai dan langsung dikirimkan ke alamat penerima. Pada surat tagihan tersebut terlihat jelas sekali rincian perhitungan pajak bea cukai yang harus dibayarkan dan juga memberitahukan kemana pajak tersebut harus dibayarkan. Setelah itu, Anda bisa datang ke tempat alamat pembayaran bea cukai. Jangan lupa ya membawa dokumen penting lainnya seperti pasport.

Bayarlah pajak bea cukai tersebut dan barang bisa diambil. Sedangkan untuk pengiriman barang ke Amerika dan negara lainya tanpa menggunakan jasa
pos Indonesia prosedurnya sebagai berikut. Apabila paket barang Anda sudah masuk ke bea cukai Bandara, maka petugas akan melakukan perhitungan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Kemudian akan distribusikan ke alamat penerima.