Jenis Jalur Pengiriman Barang Ke USA yang Bisa Dipilih – Saat ini, pengiriman barang tidak hanya dilakukan ke antar pulau di Indonesia saja. Apabila membutuhkannya, Anda juga bisa melakukan pengiriman barang ke luar negeri seperti ke USA. Akan tetapi, tentu pastikan untuk memilih jasa pengiriman yang tepat. Selain itu, Anda juga bisa memilih jenis jalur pengiriman sesuai dengan keinginan.

Jenis Jalur Pengiriman Barang Luar Negeri

Perlu diketahui, bahwa ada beberapa jenis jalur yang bisa Anda jadikan pilihan saat ingin mengirimkan barang ke luar negeri. Setidaknya, terdapat dua jenis jalur ke luar negeri yang bisa dipilih. Tidak lain yakni jalur laut dan juga jalur udara. Setiap jenis jalur tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Agar lebih mengetahuinya, simak penjelasannya di bawah ini:

1. Pengiriman jalur laut
Merupakan salah satu jenis jalur pengiriman yang memanfaatkan kapal besar pengangkut barang. Umumnya, kapal tersebut terdapat tumpukan kontainer di atasnya. Kontainer-kontainer tersebut berisi barang yang akan dikirim ke luar negeri. Jika dibandingkan dengan pengiriman jalur udara, maka pengiriman menggunakan jalur laut terbilang lebih murah biayanya.

Lantas, mengapa pengiriman tersebut bisa lebih murah? Hal ini tidak lain karena kapal kargo yang digunakan untuk mengantarkan barang tersebut bisa digunakan dalam jumlah banyak. Dengan begitu, diperlukan waktu yang lebih untuk mengumpulkan barang-barang kiriman agar bisa dilakukan proses pengangkutan sehingga nantinya dapat dikirimkan ke negara yang dituju.

Dapat dikatakan bahwa pengiriman menggunakan kapal ini adalah yang paling lumrah dalam dunia internasional. Kapal ini juga dapat memuat banyak barang serta dapat menempuh perjalanna jauh ke berbagai negara. Nantinya, kapal akan menggunakan media kontainer sebagai sarana penyimpanan barang yang dikirim. Umumnya, satu perusahaan jasa kirim akan menggunakan kontainer yang sama.

Dengan menggunajan jalur laut yang satu ini, maka Anda bisa melakukan pengiriman paket dalam jumlah yang banyak sekalipun. Dengan harganya yang murah, tentu tidak akan ada hambatan saat ingin mengirimkan paket ke luar negeri. Hanya saja, umumnya proses pengiriman ke luar negeri dapat lebih lama jika dibandingkan dengan pengiriman via udara.

2. Pengiriman jalur udara
Pengiriman ini nantinya akan dilakukan memakai pesawat. Jalur udara ini sendiri sangat cocok dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin mengirimkan barang dalam keadaan yang mendesak. Pasalnya, jalur pengiriman yang satu ini terbilang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan jalur kapal. Hanya saja, biaya yang perlu Anda bayarkan terbilang jauh lebih mahal.

Tentu saja hal ini tidak akan menjadi masalah, mengingat barang yang akan dikirim tersebut benar-benar dapat dikirim dengan aman dan secepatnya. Lantas, mengapa pengiriman dapat dilakukan dengan cepat? Pasalnya, pengiriman memakai pesawat selalu ada setiap harinya. Dengan begitu, seseorang tidak perlu menunggu lebih lama lagi untuk mengirim barang.

Selain itu, untuk pengiriman dengan jalur udara yang satu ini sendiri mempunyai kapasitas serta berat yang tidak terlalu besar. Dengan begitu, sangat cocok untuk mengirimkan paket dengan berat yang ringan. Termasuk saat ingin mengirimkan barang dengan berat 1 kg saja.

Biaya Kirim Barang ke Luar Negeri

Setelah mengetahui jalur pengiriman barang ke luar negeri tersebut, Anda mungkin akan mulai bertanya-tanya berapakah biaya pengiriman yang diperlukan. Apakah biaya tersebut terlalu mahal dan lain sebagainya. Sebagai informasi, perlu diketahui bahwa mahal atau tidaknya tarif pengiriman tersebut tergantung dengan kebijakan serta layanan yang Anda gunakan.

Umumnya, jasa pengiriman juga akan menawarkan beberapa metode layanan pengiriman yang cukup menarik. Contohnya, bagi mereka yang menggunakan layanan online dengan melakukan pembayaran via transfer bank maka akan memperoleh potongan harga dan lain sebagainya.

Selain itu, umumnya tarif ongkir juga akan disesuaikan dengan seberapa jauhnya pengiriman tersebut dilakukan. Hal lain yang dapat mempengaruhi harga adalah jumlah atau berat barang yang Anda kirimkan. Hal ini berarti, semakin banyak dan berat barang yang dikirim maka harga yang perlu dibayar juga semakin tinggi. Begitu pula sebaliknya.

Baca juga : Pertimbangan Cermat Dalam Memilih Jasa Ekspedisi USA

Pajak Pengiriman Barang ke Luar Negeri

Ada banyak orang yang mungkin khawatir mengenai pajak saat ingin mengirimkan barang ke luar negeri. Untuk itu, sebelum melakukan pengiriman, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai ketentuan dari negara tujuan pengiriman. Pasalnya, secara umum setiap negara memiliki aturan batasan maksimum yang dikenai pajak bea cukai saat barang masuk ke negara mereka.

Selain itu, bukan tidak mungkin jika paket yang Anda kirimkan tersebut tidak dikenakan pajak sama sekali. Dengan begitu, hanya perlu melakukan pembayaran ongkos kirimnya saja. Akan tetapi, jika dikenakan pajak, maka pajak tersebut perlu dibayar oleh penerima. Tepatnya ketika paket sudah diterima oleh penerima. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih jasa kirim yang menawarkan ongkir sekaligus pajaknya.

Tips Mengirimkan Barang ke Luar Negeri

Pada dasarnya, untuk mengirimkan barang ke luar negeri sendiri dapat dilakukan dengan mudah. Terlebih saat ini sudah berada di zaman yang serba modern sehingga pengiriman dapat dilakukan dengan lebih cepat. Akan tetapi, terdapat beberapa tips yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu saat ingin mengirimkan barang tersebut. Di bawah ini diantaranya:

1. Lakukan packing dengan baik dan aman
Sebelum mengirimkan barang, pastikan Anda menyiapkan barang yang ingin dikirim. Selanjutnya, pastikan untuk melakukan packing seaman mungkin. Hal ini sangat penting dilakukan agar paket tersebut tidak mudah rusak terutama saat dilakukan perjalanan sampai menuju alamat tujuan.

Anda bisa menggunakan selotip untuk membungkusnya. Jika perlu, gunakan juga bubble wrap ataupun lapisan kayu agar paket tersebut tidak rusak saat terkena guncangan atau benturan. Setelah paket tersebut sudah terbungkus dengan baik, maka Anda bisa menuliskan nama penerima, nomor penerima, beserta alamat tujuan pengiriman dengan lengkap.

2. Gunakan jasa kirim yang tepat
Sebaiknya, Anda juga bisa memilih ekspedisi pengiriman yang tepat. Pastikan untuk mengirimkan paket ke luar negeri dengan jasa yang terpercaya dan berpengalaman. Selain itu, pastikan juga bahwa jasa tersebut sudah menyediakan sistem tracking yang mudah untuk digunakan. Dengan begitu, akan mudah bagi Anda untuk melacak keberadaan paket tersebut sampai ke alamat tujuan.

3. Tentukan estimasi dan biaya pengiriman
Tips selanjutnya adalah dengan menentukan estimasi pengiriman serta biaya yang ditawarkan. Anda juga bisa membandingkan tarif ongkir dari beberapa ekspedisi yang ingin digunakan. Apabila ingin menghemat pengeluaran, maka tidak ada salahnya untuk memilih jasa kirim yang menawarkan biaya lebih murah.

4. Gunakan juga asuransi
Apabila Anda mengirimkan barang yang cukup penting, maka ada baiknya untuk menggunakan asuransi pengiriman paket. Umumnya, asuransi tersebut akan disediakan oleh jasa pengiriman. Oleh karena itu, tanyakan terlebih dahulu mengenai penggunakan asuransi tersebut kepada pihak jasa.

Keberadaan asuransi ini sendiri terbilang sangatlah penting. Nantinya, jika terjadi sesuatu dengan barang yang dikirim tersebut maka jasa pengiriman akan memberikan ganti ruginya sesuai dengan nilai barang yang dikirim.

Shipgooder – Itu dia beberapa jenis jalur pengiriman yang bisa Anda jadikan pilihan. Sebelum mengirimkan barang tersebut, pastikan juga untuk menerapkan beberapa tips yang sudah disebutkan. Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa barang dapat dikirim dengan aman dan lancar.