Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Kirim Barang ke USA – Perusahaan pengiriman saat ini terus berlomba-lomba untuk mengeluarkan berbagai jenis layanan mereka. Hal ini tidak lain agar dapat memenuhi kebutuhan setiap pelanggan yang ingin mengirimkan barang. Diantaranya seperti pengiriman reguler hingga pengiriman kilat yang waktunya lebih cepat. Akan tetapi, saat Anda ingin mengirimkan barang termasuk ke USA ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dahulu. Sebelumnya, ketahui juga apa saja jenis layanan yang bisa dijadikan pilihan.

Jenis Layanan Jasa Pengiriman

Shipgooder – Pada dasarnya, setiap jasa pengiriman mempunyai tujuan yang sama. Tidak lain yakni untuk mengirimkan barang. Baik itu berupa dokumen maupun paket. Adapun perbedaan yang dapat diketahui secara umum adalah kapasitas atau jumlah muatan yang akan dilakukan dalam satu kali pengirimannya. Perlu diketahui juga, bahwa terdapat dua jenis layanan pengiriman yang bisa dijadikan pilihan. Seperti berikut ini:

1. Pengiriman ekspedisi
Merupakan jenis layanan pengiriman dalam skala yang relatif lebih kecil. Layanan ini tidak akan memberikan batasan atau minimal berat kepada setiap pelanggannya. Selain itu, barang yang hanya memiliki berat satu kilogram saja masih bisa dikirim dengan menggunakan layanan jenis ini. Untuk melakukan pengiriman, maka Anda bisa langsung datang ke kantor jasa tersebut.

Jika tidak, maka Anda bisa meminta kurir untuk menjemput langsung barangnya di tempat. Pasalnya, umumnya jasa pengiriman menyediakan layanan door to door kepada pelanggan sehingga pihak jasa akan mengambil paket ke rumah pelanggan. Untuk biaya pengirimannya sendiri nantinya akan ditentukan berdasarkan berat kilogram.

2. Pengiriman cargo
Merupakan salah satu layanan pengiriman dalam skala yang lebih besar. Dalam hal ini, pengiriman jenis cargo lebih menekankan kepada pengiriman barang dengan jumlah yang besar. Umumnya, terdapat minimal berat yang masuk ke dalam kategori pengiriman kargo. Barang yang dikirim tersebut setidaknya perlu mencapai berat minimal 10 kg atau 50 kg.

Dengan menggunakan jasa ini, maka harga pengiriman akan terbilang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jasa pengiriman ekspedisi biasa. Akan tetapi, ada baiknya Anda memilihnya sesuai kebutuhan. Untuk jasa ini sendiri umumnya tidak akan memberikan layanan jemput barang di tempat. Dengan begitu, Anda perlu mengantar barang sendiri ke kantor pengiriman tersebut.

 

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Kirim Barang ke USA

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Kirim Barang

Sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan beberapa hal saat ingin mengirimkan barang ke luar negeri. Tidak jarang juga beberapa orang mengalami kebingungan saat ingin mengirim barang tersebut. Oleh karena itu, agar tidak salah langkah ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu saat melakukan pengiriman barang tersebut:

1. Cari tahu dahulu mengenai regulasi negara tujuan
Saat ingin mengirimkan barang ke luar negeri, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai regulasi dari negara tujuan. Pasalnya, memang ada beberapa wilayah yang melarang pengiriman barang tertentu atau membatasi jumlahnya. Kemudian, apabila Anda sudah memahami mengenai regulasi tersebut maka tentu akan lebih aman saat ingin mengirimkan barang.

Pengiriman barang pun tentu dapat dilakukan dengan lebih lancar sampai ke alamat tujuan. Pasalnya, Anda akan lebih mudah dalam menaati setiap regulasi atau peraturan tersebut. Dengan begitu, nantinya tidak akan ada hal melanggar yang dilakukan saat mengirimkan barang tersebut sehingga barang dapat dikirim tepat waktu.

2. Gunakan jasa pengiriman yang terpercaya
Sangat penting juga bagi Anda untuk menggunakan jasa kirim barang yang dipercaya. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu jasa tersebut memiliki kualitas yang baik termasuk dari segi layanan serta biaya jasa pengirimannya. Jangan sampai sembarangan dalam memilih jasa pengiriman tersebut.

Jika perlu, ketahui terlebih dahulu mengenai testimoni beserta review dari pelanggan lain yang sudah menggunakan jasa tersebut. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mencari informasi mengenai kelebihan maupun kekurangan dari jasa pengiriman tersebut sebelum dipilih nantinya. Anda juga bisa memilih jasa ekspedisi terdekat kemudian kunjungi melalui website resminya ataupun kantornya secara langsung agar mendapat informasi yang lebih jelas.

3. Pilih pengiriman yang mudah diakses
Tidak hanya perlu memilih jasa kirim yang terpercaya, Anda juga perlu memperhatikan bahwa jasa kirim tersebut cukup mudah diakses. Termasuk dengan menyediakan fitur tracking barang secara live. Dengan begitu, setiap pelanggan yang mengirimkan barang nantinya akan lebih mudah dalam mengetahui status pengiriman.

Mereka bisa mengecek lokasi barang yang dikirim tersebut dimana saja dan kapan saja dengan mudah. Yakni dengan memanfaatkan fitur tracking barang yang sudah disediakan. Dengan begitu, akan lebih mudah mengetahui apakah barang yang dikirim sudah sampai ke alamat tujuan atau masih di perjalanan.

4. Pastikan paket dalam keadaan baik
Selanjutnya, hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai keadaan paket yang ingin dikirim. Pastikan bahwa paket tersebut sudah benar dan memiliki kondisi yang baik dan aman. Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan pelindung tambahan pada paket yang ingin dikirim tersebut. seperti bubble wrap, kardus, packing kayu, dan lain sebagainya.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kerusakan selama proses pengiriman ke negara tujuan tersebut dilakukan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyiapkan paket tersebut dengan baik. Anda bisa membungkusnya dengan rapi dan jangan lupa juga untuk memberikan nama label yang berisi nama pengirim, isi, nama penerima, alamat penerima, dan lain sebagainya.

5. Pilih layanan pengiriman sesuai dengan kebutuhan
Setelah paket sudah disiapkan, Anda bisa mulai memilih layanan pengiriman sesuai kebutuhan dengan tepat. Pastikan untuk memilih layanan dengan memperhatikan tarifnya. Jika tidak, Anda juga bisa memilih layanan dengan memperhatikan kecepatan pengiriman. Apabila ingin mendapatkan pengiriman yang jauh lebih cepat, maka tentu biaya yang harus di bayar juga lebih tinggi.

Berbeda ketika Anda ingin mendapatkan harga pengiriman yang terjangkau, maka bisa memilih kecepatan pengiriman yang standar. Akan tetapi, tentu saja pengiriman tersebut tetap dilakukan dengan aman dan sampai ke alamat tujuan yang diinginkan.

6. Lakukan pembayaran sesuai nominal.
Apabila paket sudah siap untuk dikirimkan serta layanan yang ingin digunakan sudah ditentukan, maka pastikan untuk melakukan pembayaran. Jika perlu, Anda juga bisa meminta untuk mengetahui seperti apa rincian pembayaran yang diperlukan secara jelas. Untuk proses pembayaran ini sendiri umumnya dilakukan di kantor ekspedisi. Dengan begitu, pastikan Anda menyiapkan uang tunai agar proses pembayaran cepat dilakukan.

7. Pastikan untuk meminta resi pengiriman
Jasa ekspedisi yang terpercaya tentu akan memberikan resi pengiriman apabila pembayaran sudah Anda lakukan. Nomor resi tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk melacak dan mengetahui keberadaan barang yang sedang dikirim tersebut. Untuk pengecekan ini sendiri tidak perlu lagi datang ke kantor ekspedisi.

Anda bisa langsung mengeceknya selama 24 jam setiap harinya hanya dengan memanfaatkan fitur tracking yang memang sudah disediakan oleh jasa kirim arang tersebut. Dengan begitu, tentu Anda dapat melacak barang tersebut secara online dengan akurat.

Baca juga : Jenis Jalur Pengiriman Barang Ke USA yang Bisa Dipilih

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin mengirimkan barang ke luar negeri seperti USA. Tentu setiap hal tersebut sangat penting untuk dipertimbangkan. Dengan begitu, barang yang dikirim pun akan selamat dan aman sampai tujuan sesuai dengan keinginan.