Faktor yang Mempengaruhi Jasa Ekspedisi USA ke Indonesia – Tren belanja online di tanah air mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Hal ini terjadi lantaran pengguna internet di Indonesia telah mencapai 150 juta pengguna. Jumlah tersebut tercatat terjadi di tahun 2018. Jumlah pengguna internet di Indonesia tentunya kian bertambah seiring dengan berkembangnya waktu. Produk atau barang yang tersaji di E-commerce tidak hanya berasal dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Amerika menjadi salah satu negara yang menjual produknya ke Indonesia. Perkembangan e-commerce ini memerlukan jasa pengiriman barang yang berkualitas agar proses pengiriman barang dapat terjadi dengan baik dan lancar. Karena itulah, kita perlu mengetahui perusahaan logistik yang ditawarkan oleh USA. Sebelum membahas perusahaan logistik tersebut, perhatikan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi jasa ekspedisi dari USA ke Indonesia di bawah ini.

Shipgooder – Selama proses pengiriman barang dari USA ke tanah air akan ada faktor yang mempengaruhi proses pengiriman barang. Jasa ekspedisi dari USA ke Indonesia banyak diminati oleh konsumen yang membeli barang dari negara tersebut. Salah satu faktor krusial yang dapat mempengaruhi jasa ekspedisi Amerika ke tanah air adalah sistem birokrasi Indonesia yang cukup ketat. Hal tersebut dapat kita lihat pada kegiatan impor barang dan bea cukai. Konsumen sering mengeluh sulitnya melakukan pembelian barang yang berasal dari luar negeri. Kesulitan tersebut terjadi pula dalam proses pembelian barang dalam jumlah yang kecil. Banyak persyaratan yang perlu dipatuhi selama membeli barang asal USA dan negara lainnya. Jika dibandingkan dengan negara lain, peraturan dalam pembelian barang luar negeri tidak seketat di Indonesia.

Faktor krusial lainnya yang dapat mempengaruhi jasa ekspedisi USA ke Indonesia adalah pajak. Pajak yang dikenakan pada produk luar negeri memiliki nilai yang tinggi. Pajak tinggi tersebut juga berlaku pada pembelian barang dalam jumlah yang kecil. Pemerintah telah memberikan keringanan untuk pembelian barang asal luar negeri. Meskipun begitu, harga barang yang dikenakan pajak dinilai masih tinggi karena ditambah dengan pajak importasi, pajak pertambahan nilai dan pajak pendapatan. Salah satu jasa ekspedisi USA yang melayani pengiriman barang ke Indonesia adalah Panalpina. Jasa ekspedisi yang telah ada sejak tahun 1935 ini telah melakukan kerja sama dengan 90 negara di dunia. Panalpina melayani industri manufaktur, ritel, energi, baju, perishables dan hi-tech. Selain Pinalpina, berikut merupakan perusahaan ekspedisi yang melayani pengiriman barang asal USA ke Indonesia:

a. Ceva
Sebelum dikenal dengan nama Ceva, jasa ekspedisi ini dikenal lebih dulu dengan nama TNT. Perusahaan yang didirikan di Australia ini melayani jasa pengiriman barang dalam sektor ritel, energi, kesehatan dan teknologi. Jasa ekspedisi ini tersebar di 950 negara yang berbeda dan berhasil mendapatkan keuntungan hingga 7 milyar USD pada tahun 2017 lalu.

FedEx

b. FedEx
Berkantor di Amerika serikat, FedEx telah memperkerjakan 325.000 karyawan sehingga proses pengiriman barang dapat dilakukan dengan baik. Perusahaan ini melayani jasa pengiriman kilat, 3PL, pengiriman barang dan post delivery. FedEx juga dikenal dengan jasa pengiriman barang sehari semalam dan memiliki sistem pelacakan barang secara real time. Di tahun 2017, perusahaan ini mendapatkan keuntungan sebesar 60 milyar USD.

Baca juga : Jasa Pengiriman Barang yang Digunakan Warga Amerika

c. UPS
Layanan yang ditawarkan oleh UPS adalah pengangkutan barang, pengiriman, konsultasi dan broker pabean. Akibat mendapatkan pengaruh dari Amazon, jasa ini berhasil mendapatkan keuntungan sebesar 61 milyar USD.